Platform Gotong Royong Warga terkait Covid-19 Diluncurkan

JAKARTA, 6 April 2020 ? Sebuah platform pelaporan terkait Coronavirus Desease 2019 atau Covid-19 resmi dilucurkan. Diinisiasi sejumlah tokoh CSO, ahli teknologi informasi, praktisi kesehatan masyarakat, dan jurnalis yang tergabung dalam Koalisi Warga untuk Covid-19, platform yang menggunakan aplikasi Whatsapp dan Telegram itu diberi nama ?LaporCovid-19?.

Menurut Irma Hidayana, salah satu inisiator, platform ini dibuat untuk memberi kesempatan kepada warga memberikan informasi tentang situasi Covid-19 di sekitarnya yang mungkin belum terdeteksi oleh pemerintah. ?Misalnya memberi informasi tentang kondisi dirinya, keluarganya, atau tetangganya yang memiliki gejala serupa Covid-19, atau yang meninggal sebelum mendapat kesempatan tes Covid-19? kata dia di Jakarta, Minggu, 5 April 2020.

LaporCovid-19 akan mengolah dan menganalisis informasi dari warga itu. Hasilnya, akan ditampilkan secara berkala berupa peta sebaran dan data-data lain yang relevan melalui situs www.laporcovid19.org. Para inisiator platform itu menjamin kerahasiaan pemberi informasi. Meski begitu, mekanisme cek-silang antarsesama warga dimungkinkan oleh sistem platform untuk meminimalisasi kekeliruan.